Detik Dot Info

DetikDotInfo Adalah Blog Dimana Fokus Berbagi Informasi Dalam Dunia Teknologi

Inilah Cara Melindungi Akun Twitter Dan Facebook Dari Peretas/Hacker

Cara Melindungi Akun Facebook Dan Twitter Dari Peretas/Hacker - Sangat penting dan proaktif mengamankan akun media sosial Anda, terutama karena Anda tidak pernah tahu kapan kesalahan tidak berbahaya dapat membuat Anda berisiko.

Inilah Cara Melindungi Akun Twitter Dan Facebook Dari Peretas/Hacker

Tapi itu bukan hanya ancaman teoritis. Pranksters, vandal, dan penyerang jahat semuanya mencari cara untuk masuk ke akun sah mereka. Jadi sementara Anda tidak perlu terlalu khawatir, ada beberapa langkah yang berguna (dan mudah!) Yang dapat Anda ambil untuk menjaga akun Anda agar tidak dibajak oleh seseorang

Maksimalkan Lockscreen Perangkat Anda
Atur semua perangkat komputer Anda untuk mengunci dengan cepat ketika Anda berhenti menggunakannya sehingga Anda memiliki perlindungan dari serangan fisik. Ini sebagian besar berlaku untuk mengurangi prank dan memblokir bad boy, tetapi tidak ada salahnya untuk bertahan terhadap penargetan yang lebih ekstrim juga. Dan jangan lupa untuk menggunakan kata sandi atau kode biometrik yang kuat untuk melindungi perangkat. Jika kode buka kunci untuk ponsel Anda adalah hari ulang tahun Anda, Anda tidak menyulitkan seseorang untuk menerobos masuk.

Gunakan Kata Sandi Kuat, Unik, dan Otentikasi Dua Faktor

Berurusan dengan kata sandi dan otentikasi dua faktor adalah satu-satunya hal paling penting yang dapat Anda lakukan untuk mengunci akun Anda - itulah mengapa Anda telah mendengarnya jutaan kali. Salah satu cara termudah yang dapat dilakukan seseorang untuk masuk ke akun Anda adalah dengan mendapatkan kredensial yang bocor, dan mencoba kombinasi email dan kata sandi di layanan lain.

Ancaman hilang jika Anda menggunakan kata sandi yang berbeda di semua akun Anda. Baca ini cara melindungi akun Facebook Anda dengan otentikasi dua faktor dari Facebook.

Dan membutuhkan kode kedua, atau "faktor," untuk memasukkan akun berarti bahwa bahkan jika penyerang mendapatkan kata sandi Anda, mereka juga perlu mengontrol perangkat kedua - biasanya ponsel cerdas Anda - untuk masuk.

Untuk menambahkan otentikasi dua faktor di Facebook, buka Pengaturan> Keamanan dan Login> Otentikasi Dua Faktor. Kemudian masukkan kata sandi Anda untuk mengonfirmasi bahwa Anda ingin melakukan perubahan, dan tetapkan dua faktor ke "Aktif." Dari sana Anda dapat mengatur segalanya untuk menerima kode faktor kedua melalui SMS atau, sebaiknya, gunakan aplikasi penghasil kode seperti Google Authenticator.

Untuk menambahkannya di Twitter, buka Pengaturan dan Privasi> Akun. Di bagian Keamanan, klik Tinjau metode verifikasi masuk Anda. Setelah memasukkan kata sandi Anda, Anda akan mendarat di layar verifikasi Login di mana Anda dapat membuat pilihan yang sama tentang bagaimana dan di mana untuk menerima kode.

Meskipun menggunakan kata sandi yang kuat dan unik dan dua faktor tidaklah mudah, bagi kebanyakan orang kombinasi ini secara drastis mengurangi kemungkinan bahwa akun media sosial mereka akan dikompromikan.

Kontrol Jarak Jauh
Facebook memiliki beberapa opsi untuk membantu siapa yang mengakses akun Anda, dan di mana. Di bawah Pengaturan> Keamanan dan Login, Anda dapat melihat semua perangkat yang akun Anda login, dan di mana mereka berada. Lihat sesuatu yang tidak Anda kenali, atau perangkat yang Anda lupakan? Ikon kanan memberi Anda opsi untuk keluar dari jarak jauh, atau melaporkannya sebagai penipu atau pembajak.

Dari sana, gulir ke bawah untuk mendapatkan peringatan tentang proses masuk yang tidak diketahui, dan hidupkan. Dengan begitu, Anda akan mendapatkan notifikasi melalui Messenger, email, atau Facebook bahwa seseorang telah memasukkan akun Anda dari browser yang tidak dikenal. Twitter tidak menawarkan fungsi yang sama - semua alasan untuk memastikan Anda memiliki dua faktor untuk itu.

Batasi Izin Pihak Ketiga
Meskipun akan sulit bagi penyerang untuk mengambil alih salah satu akun media sosial Anda melalui layanan pihak ketiga yang memiliki banyak akses, ada baiknya memeriksa apa yang telah Anda setujui untuk memastikan bahwa tidak ada phishing dalam daftar, dan menghapus plugin lama yang tidak lagi Anda butuhkan. Anda dapat memberi mereka izin untuk mengumpulkan lebih banyak data daripada yang Anda pikirkan. Itu bukan hack, sebenarnya, tapi masih invasif.

Di Facebook, buka Pengaturan> Aplikasi dan Situs web untuk melihat dan mengelola layanan luar yang memiliki banyak akses ke akun Facebook Anda.

Di Twitter, buka Pengaturan dan Privasi> Aplikasi untuk melihat dan mengedit daftar.

Periksa Izin Perangkat
Periksa juga layanan lisensi seperti Facebook dan Twitter di setiap perangkat Anda. Anda mungkin telah memblokir Facebook mengakses lokasi Anda di ponsel cerdas Anda, tetapi secara tidak sengaja mengizinkannya di tablet karena Anda tidak memperhatikan. Data ini harus aman pada akun yang dilindungi oleh kata sandi yang kuat dan otentikasi dua faktor, tetapi jika Anda tidak ingin layanan mengumpulkannya, Anda mungkin juga ingin mematikannya.

Di Android, buka Pengaturan> Aplikasi, lalu klik ikon menu kanan atas, dan ketuk Izin aplikasi.

Di iOS, buka Pengaturan> Privasi untuk mengelola layanan mana yang memiliki akses ke bagian ponsel Anda yang mana. Dan juga di Pengaturan gulir ke bawah untuk memeriksa izin yang tercantum untuk setiap layanan yang Anda gunakan.


Batasi Data Pribadi ke Publik
Anda juga dapat mempertimbangkan untuk membatasi jumlah data pribadi yang Anda masukkan ke akun media sosial, sehingga jika seseorang membuat perubahan - atau jika pengiklan atau aplikasi mengaksesnya - Anda telah meminimalkan jumlah yang dapat mereka peroleh.

"Ketika orang berkata 'baik, saya menyimpan semua data ini di Facebook, apa yang harus saya lakukan untuk melindungi diri saya sendiri?' Saya katakan mereka tidak mengubah profil Anda sama sekali, cukup ubah ke dalam diri Anda semua pandangan politik Anda, semua selera Anda, semua suka Anda, dan kemudian mereka akan memiliki semua informasi yang salah tentang Anda, "lelucon David Dufour, wakil presiden bidang teknik dan cybersecurity di perusahaan tekno-engineering misalnya.

Dufour juga menekankan bahwa menghindari membuat akun yang tidak Anda perlukan dan mematikan akun lama yang tidak Anda gunakan lagi adalah langkah dasar untuk mengendalikan akun Anda.

Dan itu harus dilakukan! Tidak ada yang namanya keamanan sempurna, tetapi setidaknya Anda akan merasa tenang mengetahui bahwa Anda telah melakukan semua yang Anda bisa - dan menjadikannya sesulit mungkin bagi peretas untuk masuk ke akun Anda.

Konklusi
Meningkatkan keamanan akun sangat penting karena banyak dari kita menyimpan informasi pribadi, yang merupakan daya tarik bagi peretas untuk mencari tahu dan menggunakannya tanpa izin yang menyebabkan kerugian bagi pemilik akun. Cara terbaik untuk melindungi akun Facebook dan Twitter Anda adalah dengan memberikan keamanan berlapis seperti yang dibahas di atas.
Back To Top